Resep Cara Membuat Kue Chocolate Lava Yang Nikmat

Rasa-rasanya ingin buat cake untuk keluarga tercinta tapi bingung ingin buat cake apa yah..? hmm gimana kalau kami share cara membuat cake chocolate lava yang bisa anda sajikan untuk keluarga tercinta diakhir pekan. Untuk membuatnya anda bisa siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan lalu ikuti langkah cara membuatnya. Berikut cara membuat resep chocolate lava, selamat mempraktekkan yah and happy cooking.


Bahan:
  • 200 gram Mentega
  • 4 sendok makan Krim kental
  • 450 gram Dark cooking chocolate (dipotong – potong)
  • 4 butir Telur ayam
  • 200 gram Gula pasir
  • 60 gram Tepung terigu berprotein sedang
  • 50 gram Cokelat bubuk
  • 20 gram Susu bubuk
  • 1/2 sendok teh Baking powder
Isian Kue Chocolate Lava :
  • 75 ml Susu cair
  • 150 gram Dark cooking chocolate (dipotong – potong)
  • 30 gram Mentega
Cara membuat Isian Kue Chocolate Lava :
  • Mula – mula yaitu menyiapkan panci rebusan dan tuangkan susu cair ke dalamnya, panaskan di atas api kecil lalu angkat.
  • Setelah itu masukkan dark cooking chocolate ke dalam susu cair yang sudah dipanaskan sebelmnya, lalu aduk – aduk hingga dark cooking chocolate larut bersama dengan susu cair.
  • Selanjutnya tambahkan mentega dan aduk – aduk kembai hingga semua bahan benar – benar terampur secara sempurna dan merata.
  • Jika sudah merata, tuangkan ke dalam mangkuk, lalu masukkan dan simpan dalam lemari es untuk didinginkan.
Cara Membuat Kue Chocolate Lava :
  1. Langkah pertama yaitu menyiapkan panci rebusan lalu masukkan mentega dan panaskan hingga meleleh dengan menggunakan api kecil, jika mentega sudah meleleh matikan apinya.
  2. Kemudian masukkan krim kental dan potongan dark cooking chocolate ke dalam panci tersebut, lalu aduk – aduk hingga semua bahan tercampur secara merata setelah itu sisihkan dan biarkan adonan mengenal.
  3. Tahap selanjutnya adalah siapkan sebuah wadah atau mangkuk, kemudian masukkan telur ayam dan gula pasir, kocok kedua bahan tersebut selama 2 menit hingga tercampur dan mengembang.
  4. Lalu sambil terus mengaduk dan mengocok, masukkan sedikit demi sedikit adonan campuran mentega dan dark cooking chocolate tadi ke dalam kocokan telur ayam dan gula pasir.
  5. Selanjutnya tambahkan tepung terigu, cokelat bubuk, susu bubuk, dan baking powder dengan cara diayak dan adonan terus dikocok secara perlahan hingga semua adonan benar – benar tercampur sempurna dan merata.
  6. Kemudian siapkan loyang cetakan muffin dan olesi bagian dalam cetakan tersebut dengan mentega untuk menghindari lengketnya adonan pada loyang cetakan.
  7. Lalu tuangkan setengah bagian adonan chocolate lava ke dalam loyang cetakan muffin, kemudian berilah bahan isian yang sudah dipersiapkan sebelumnya pada bagian tengah adonan lalu tutupi bahan isian tersebut dengan sisa adonan hingga cetakan penuh.
  8. Setelah itu masukkan loyang cetakan yang berisi adonan chocolate lava ke dalam oven dan panggang adonan dalam suhu oven dengan api bawah suhu 180 derajat Celcius slama kurang lebih 25 menit sampai hingga adonan chocolate lava matang.
  9. Jika dirasa adonan sudah matang, angkat dan keluarkan dari dalam oven dan biarkan selama 3 menit hingga kue dingin.
  10. Setelah itu dengan menggunakan pisau tipis telusuri bagian tepi kue dengan pisau hingga ujung pisau menyentuh bagian dasar cetakan agar mudah untuk membaliknya di piring datar.
  11. Balikkan cetakan kue diatas piring datar dengan hati-hati agar kue tidak sobek, jika sobek maka bagian tengah kue yang lumer akan dengan mudah mengalir keluar, ketuk – ketuk cetakan dan biarkan kue turun perlahan.
  12. Langkah terakhir yaitu berilah taburan gula halus atau dengan menyiramkan coklat cair dan memberikan butter cream pada permukaan kue tersebut.
  13. Kue chocolate lava sudah siap untuk dihidangkan.
Resep Cara Membuat Kue Chocolate Lava Yang Nikmat 4.5 5 Unknown Rasa-rasanya ingin buat cake untuk keluarga tercinta tapi bingung ingin buat cake apa yah..? hmm gimana kalau kami share cara membuat cake c...


,

If you enjoyed this article, sign up for free updates.

author picture

About Author

I'am Unknown, a part-time blogger and template designer from Indonesia who is the founder And Author of Dapur Rakyat Indonesia. I love create Blogger Themes, write about blog design, And Blogspot tweaks. You can subscribe me on G+ @ Unknown .