Resep Cara Membuat Pie Susu/Eggtart Sweet Crunchy by Sukma

Kali ini kami akan menyugukan resep pie susu kreasi dari mba sukma... Jangan lihat dari tampilanya yah tapi rasanyanya yang lumayan mendekati sempurna. Untuk membuatnya anda bisa intip resepnya kemudian praktekkan lalu sajikan untuk keluarga tercinta.



Bahan Crust/Kulit :
  • 400 gr Tepung Terigu
  • 2 Sdm Gula Halus
  • 2 Sdt Vanili Powder
  • 3 Butir Kuning Telur
  • 175 Gr Margarine
  • 2 Sdm Creamer (optional boleh pakai/tidak)
Bahan Filling/Fla :
  • 170 gr Susu Kental Manis Putih
  • 5 Butir Kuning Telur
  • 50 gr Gula Halus
  • 3 Sdt Vanilli Powder
  • 200 ml Air Matang
  • 1 Sdt Tepung Maizena
Cara Membuatnya
  1. Campurkan tepung terigu, vanilli powder dan gula halus, pastikan tidak ada yg menggumpal. Lalu masukkan kuning telur dan margarine. Kemudian aduk (saya memilih aduk pakai tangan daripada spatula) sampai bahan merata, tidak ada yg menggumpal dan bahan menjadi kalis agar mudah dibentuk.
  2. Buat adonan fillin dengan cara mencampur susu kental manis dengan air, aduk rata, tuang gula halus, vanili bubuk/vanila esence dan maizena. Aduk kemudian saring.
  3. Masukkan adonan kedalam cetakan yg sebelumnya telah dilumuri margarine tipis2 atau boleh menggunakan minyak sayur (saya tidak punya cetakan bergelombang jd menggunakan cetakan bolu/apem biasa). Pastikan kulit tidak terlalu tebal. Jangan lupa tusuk2 bagian dasar crustnya supaya matang merata hingga filling/flanya ketika dipanggang.
  4. Setelah adonan crust siap semua, tuang flanya menggunakan sendok secara perlahan ke bagian lengkuk crust, jangan sampai tumpah ke bagian atasnya karena akan bikin crust terlihat gosong. Semakin lengkuk dalam, semakin banyak flanya dan itu semakin yummy(tapi jangan seperti adonan saya ada yg bleber hehe)
  5. Setelah siap semua, boleh ditambahkan topping, kismis, chocochips, keju parut atau aneka selai. Asal jangan terlau banyak, biar cantik dilihatnya. Kemudian masukkan adonan tadi ke oven yg sebelumnya sudah dipanaskan dulu. Lebih baik pakai api sedang karena menjaga tekstur kulit dan fla tidak cepat gosong dan matang secara merata. Panggang kira2 20-25 menit atau tergantung mau seberapa kering kah pienya, jd tergantung selera. (Saya masak ini menggunakan oven tradisional yg oven alumunium oitu lhoo jd sering2 diintip dan jg suka dibalik posisinya krn agak miring posisi apinya hehe)
  6. Setelah matang, angkat dari oven, tiriskan dan tunggu agak dingin, kemudia kita copotkan pie/eggtart dari cetakannya. Sajikan diatas piring dan berikan untuk keluarga tercinta atau kerabat.

Resep Cara Membuat Pie Susu/Eggtart Sweet Crunchy by Sukma 4.5 5 Unknown Kali ini kami akan menyugukan resep pie susu kreasi dari mba sukma... Jangan lihat dari tampilanya yah tapi rasanyanya yang lumayan mendekat...


,

If you enjoyed this article, sign up for free updates.

author picture

About Author

I'am Unknown, a part-time blogger and template designer from Indonesia who is the founder And Author of Dapur Rakyat Indonesia. I love create Blogger Themes, write about blog design, And Blogspot tweaks. You can subscribe me on G+ @ Unknown .